User login

Lomba Kreasi Alat Peraga dan Permainan Nusantara

A. TEMA
Kreativitas Nusantara untuk Yesus!

B. LATAR BELAKANG
Panitia NCWC (National Children’s Workers' Conference) 2012 menyelenggarakan Lomba Kreasi Alat peraga dan Permainan Nusantara. NCWC adalah sebuah adalah sebuah pertemuan yang diikuti oleh Pendidik Anak, Guru Sekolah Minggu, Aktivis Pelayanan Anak, dan Orangtua untuk bersama-sama mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam Dunia Pelayanan Anak Indonesia. Juga untuk saling berjejaring dan bekerjasama guna menumbuhkan generasi baru yang mampu menjadi berkat bagi zamannya. Jika pada NCWC 2006 bertema "Dream", maka NCWC 2012 akan hadir dengan tema "Passion" – Semangat memberitakan Injil, memenangkan jiwa anak Indonesia bagi Tuhan.
Lomba ini digelar dengan pemikiran bahwa dalam teori tentang pembelajaran, dikenal tiga gaya belajar manusia: secara auditif, secara visual, dan mempraktekkannya secara langsung. Selama ini, metode pengajaran lebih banyak melayani anak-anak dengan gaya belajar auditif atau mendengarkan uraian guru.
Bagi anak yang belajar secara visual, penggunaan alat peraga akan sangat membantu mereka. Penelitian menunjukkan bahwa apa yang didengar pada hari ini, manusia hanya sanggup mengingat sebanyak 20 persennya saja di kemudian hari. Angka ini akan meningkat jikalau apa yang didengar, itu juga dilihatnya. Melalui cara ini, seseorang atau anak memperoleh kesan yang jauh lebih dalam. Penelitian di Harvard University, Columbia menunjukkan bahwa alat peraga dapat meningkatkan tingkat ingatan sebanyak 14-38 persen dibandingkan presentasi tanpa alat peraga sama sekali. Penelitian lain membuktikan bahwa 80-90 persen dari apa yang kita pelajari, kita terima melalui mata.
Sedangkan permainan dapat membantu anak-anak yang belajar dengan cara mempraktekannya secara langsung. Permainan dapat menjadi sarana belajar yang baik bagi anak-anak karena aktivitas dalam permainan melibatkan lebih banyak indra manusia. Dalam teori psikologi, semakin banyak indra manusia terlibat di dalam pembelajaran, maka tingkat pemahaman dan ingatan akan pelajaran itu semakin baik.
Karena itu, penting untuk menyediakan berbagai metode supaya setiap anak-anak mendapat kesempatan untuk belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing.
Indonesia memiliki kekayaan budaya dan hasil alam. Lomba ini mengajak orang-orang yang berkecimpung di dunia pelayanan anak untuk berkreasi membuat alat peraga dan permainan yang mengambil gagasan dari budaya lokal dan menggunakan bahan-bahan alami. Ada dua jenis lomba: Lomba Kreasi Alat Peraga Nusantara dan Lomba Kreasi Permainan Nusantara. Alat peraga dan permainan yang diciptakan ini akan dipakai untuk menjadi sarana penyampaian Firman Tuhan kepada anak.

C. MEKANISME LOMBA

C.1. Lomba Kreasi Alat Peraga Nusantara
Lomba Kreasi Alat Peraga Nusantara ini dibagi menjadi 3 tahapan lomba, yaitu Tahap Seleksi, Tahap Nominasi dan Tahap Penentuan Pemenang.

Tahap Seleksi
a) Peserta mengirimkan ide pembuatan alat peraga dalam bentuk tulisan. Alat peraga itu diharapkan memuat kekayaan alam dan budaya lokal serta sesuai dengan tema NCWC 2012, yaitu “Passion”.
b) Tulisan tersebut memberikan informasi tentang nama alat peraga, bahan & alat yang diperlukan, tema cerita, konteks Alkitab, dan tujuan pengajaran. Selanjutnya memberikan panduan langkah-langkah pembuatan.
c) Panjang setiap tulisan antara 1.500 s/d 3.000 kata.
d) Peserta diperkenankan menggunakan ilustrasi gambar atau foto untuk memperjelas langkah-langkah pembuatannya.
e) Peserta menuliskan data peserta (nama, alamat, nomor telepon/HP, no KTP/SIM, dll) pada lembar terpisah.
f) Pengiriman tulisan ke Panitia Lomba selambat-lambatnya tanggal 7 Januari 2012 (cap pos).
Ada dua pilihan cara pengiriman:
• Melalui email ke lombancwc@gmail.com; atau
• Melalui jasa pos dengan alamat Panitia Lomba Kreasi Nusantara P.O. Box 6312, Yogyakarta 55233

Tahap Nominasi
a) Panitia akan memilih 15 (lima belas) nominator, yang selanjutnya akan diminta untuk mengirimkan alat peraga yang sudah dibuatnya kepada panitia.
b) Alat peraga yang dikirimkan oleh peserta akan dipamerkan dalam NCWC 2012.

Tahap Penentuan Pemenang
Panitia akan memilih 6 (enam) pemenang lomba.

Hadiah
Semua pemenang akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja produk-produk NCWC dengan perincian sebagai berikut:
• Voucher masing-masing senilai Rp 1.250.000,- untuk 3 pemenang utama.
• Voucher masing-masing senilai Rp 750.000,- untuk 3 pemenang harapan.

C.2. Lomba Kreasi Permainan Nusantara
Yang dimaksud dengan permainan adalah kegiatan yang melibatkan anak-anak dalam suasana yang menyenangkan dan bermuatan edukatif. Permainan bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu.
a) Peserta mengirimkan ide permainan yang bermuatan budaya lokal dan sesuai dengan tema NCWC 2012 yaitu “Passion”.
b) Permainan tersebut dapat dimainkan secara perseorangan atau berkelompok paling lama 20 menit.
c) Ide permainan ditulis dengan format:
• Nama permainan:
• Tujuan permainan:
• Lama permainan:
• Alat dan bahan yang dibutuhkan:
• Langkah-langkah dan aturan permainan:
• Keterangan lain:
d) Panjang setiap tulisan antara 1.500 s/d 3.000 kata.
e) Peserta diperkenankan menggunakan ilustrasi gambar atau foto untuk memperjelas langkah-langkah permainan.
f) Peserta menuliskan data peserta (nama, alamat, nomor telepon/HP, no KTP/SIM, dll) pada lembar terpisah.
g) Pengiriman tulisan ke Panitia Lomba selambat-lambatnya tanggal 28 Januari 2012 (cap pos).
h) Ada dua pilihan cara pengiriman:
• Melalui email ke lombancwc@gmail.com; atau
• Melalui jasa pos dengan alamat Panitia Lomba Kreasi Nusantara P.O. Box 6312, Yogyakarta 55233
i) Hadiah
Semua peserta akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja produk-produk NCWC dengan perincian sebagai berikut:
• Voucher masing-masing senilai Rp 1.250.000,- untuk 3 pemenang utama.
• Voucher masing-masing senilai Rp 750.000,- untuk 3 pemenang harapan.

D. PESERTA
Peserta untuk kedua lomba ini adalah orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pelayanan anak, seperti guru, guru sekolah minggu, konselor, pembimbing anak, pekerja sosial, penginjil, dan masyarakat umum.

E. KETENTUAN LAIN
a) Lomba ini terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia kecuali panitia NCWC dan pihak-pihak mana pun yang berhubungan dengan penyelenggaraan lomba ini.
b) Karya yang diikutsertakan dalam lomba ini tidak melanggar hak cipta orang lain. Pantia dibebaskan dari tanggung jawab jika muncul gugatan atas hak cipta.
c) Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Dewan juri tidak akan menerima dan melakukan korespondensi dalam bentuk apa pun dengan peserta.
d) Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala kerusakan yang mungkin timbul selama pengiriman materi lomba kepada panitia.
e) Panitia tidak mengembalikan karya peserta lomba.
f) Panitia memiliki hak terbit atas karya pemenang tanpa membayarkan royalti untuk buku cetakan pertama.
g) Jika ada peserta yang tidak menang namun layak untuk dimasukkan dalam materi buku maka panitia akan memberikan honor sepantasnya.
h) Hak cipta tetap ada pada peserta.
i) Panitia Lomba memiliki hak penuh untuk mempublikasi, memamerkan, dan menampilkan seluruh karya peserta dan/atau pemenang di website, pameran atau media lain.
j) Dengan berpartisipasi dalam lomba ini, peserta memahami dan menyetujui bahwa dengan mengikuti lomba, peserta terikat untuk menyetujui dan tunduk pada seluruh peraturan lomba yang telah ditetapkan oleh panitia.
k) Pemenang akan diumumkan pada acara NCWC, milis dan website http://www.ncwc.info/ pada tanggal 3 Februari 2012.
l) Panitia akan memberitahukan hasil lomba kepada setiap pemenang.