User login

Takim Andriono

PROFIL

Meraih gelar S-1 (Sarjana Teknik Sipil) dari Universitas Kristen Petra pada tahun 1984. Ia kemudian melanjutkan studi S-2 (lulus sebagai Master of Engineering - 1986) dan S-3 (lulus sebagai Ph.D. - 1990) di University of Canterbury, New Zealand.

Sejak tahun 1990 – 2001, ia dipercaya untuk memegang beberapa jabatan struktural di Universitas Kristen Petra antara lain sebagai Pembantu Rektor bidang Riset dan Pengembangan, Pembantu Rektor bidang Akademis dan Pejabat Rektor.

Antara 2002 – 2004 ia pernah menjadi konsultan untuk kantor World Bank di Jakarta melakukan supervisi proyek pengembangan Junior Secondary Education.

Sejak 1999 bersama rekan-rekan yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Visi dan Misi (YPVM), ia aktif memberikan pendampingan dan pelatihan bagi guru, kepala sekolah, dan pengurus yayasan pendidikan di berbagai tempat di Indonesia, mulai dari Banda Aceh hingga Timika (Papua). Bersama dua rekan penulis dan Tanoto Foundation, ia menuangkan rekam kegiatan pelatihan guru di berbagai tempat di Indonesia dalam buku berjudul “Secercah Harapan: Praktik-praktik Terbaik di Sekolah” yang diterbitkan pada akhir tahun 2010 dengan kata pengantar oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Fasli Djalal.

Di samping itu, ia juga aktif dalam beberapa organisasi di bidang pendidikan, antara lain sebagai Ketua III Badan Musyawarah Perguruan Swasta Jawa Timur (2009 – 2014) dan Ketua I Majelis Pendidikan Kristen Wilayah Jawa Timur (2010 – 2015), serta anggota Dewan Pengurus PPPK Petra (2009 - 2011).

Ia juga tercatat sebagai pengajar pada Program Pasca Sarjana Universitas Kristen Krida Wacana (MM Persekolahan) dan Unika Widya Mandala (MPBI) untuk mata kuliah Educational Leadership. Sambil berbagi sebagai pengajar, ia juga terus belajar antara lain dengan mengikuti Haggai International Leadership Training di Singapore (2005), Christian Education di Research Institute of Christian Education (RICE), Hongkong (2007), dan Online Teaching & Learning Methodology di University of the Nations, Hawaii, USA (2011).

Sejak akhir tahun 2010, ia dipercaya menjadi Koordinator Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) – TRAMPIL*oleh Majelis Pendidikan Kristen (MPK) di Indonesia. Pusat ini diharapkan dapat membantu para guru di sekolah-sekolah Kristen untuk mengembangkan diri, terutama mereka yang belum memenuhi persyaratan kualifikasi akademik yang ditetapkan oleh Kemendiknas. Ia juga salah seorang penggagas (co-initiator) Gerakan Pemuda Kristen Peduli Pendidikan (GPKPP) yang telah dijadikan salah satu program kerja MPK di Indonesia untuk tahun 2010-2011.


Takim akan menjadi pembicara dalam:

WORKSHOP II kelas C - Melayani Anak Melalui Dunia Pendidikan
Anak-anak yang lahir setelah tahun 1990-an pada umumnya sangat akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi sejak usia dini. Dunia dan tantangan hidup mereka sangat berbeda dengan apa yang dialami oleh orangtua, guru, dan pembimbing mereka. Melayani anak-anak generasi ini harus dimulai dengan memahami karakteristik, keunggulan, dan juga kelemahan mereka. Dunia pendidikan, khususnya sekolah-sekolah Kristen perlu berubah dan menyiapkan strategi khusus jika ingin melayani dan memenangkan mereka bagi Kristus.